Minggu, 04 Oktober 2009

Makna Ikhlas & Urgensinya bagi orang-orang berjalan kepada Allah

Ikhlas merupakan salah satu dari berbagai amalan hati, dan bahkan ikhlas berada di barisan pemula dari amalan-amalan hati. sebab diterimanya berbagai amal tidak bisa menjadi sempurna kecuali dengannya.

Maksud ikhlas disini adalah menghendaki keridhoan Allah dengan suatu amal, membersihkannya dari segala noda individual maupun duniawi. tidak ada yang melatar belakangi suatu amal kecuali karena Allah dan demi hari akhirat. tidak ada noda yang mencampuri suatu amal, seperti kecenderungan kepada dunia untuk diri sendiri, yang nampak maupun yang tersembunyi, karena menghendaki harta rampasan, karena syahwat, kedudukan, harta benda, ketenaran, agar mendapat tempat di hati orang banyak, mencari sanjungan mereka, tidak ingin dicela, mengambil muka dihadapan orang-orang tertentu, meredam rasa dengki yang tersembunyi, meladeni rasa dengki yang tak tampak, kesombingn yang terselubung, atau karena alasan-alasan lain yang tidak terpuji, yang intinya menghendaki selain Allah dengan suatu amal, siapapun dan apapun.

Landasan amal yang ikhlas adalah memurnikan niat karena Allah semata.

Maksud niat di sini adalah pendorong kehendak manusia untuk mewujudkan suatu tujuan yang dituntutnya.

Maksud pendorong adalah penggerak kehendak manusia yang mengarah kepada amal. sedangkan tujuan pendorongnya amat banyak dan beragam. ada yang bersifat materiil dan ada pula yang spirituil.

Orang mukmin yang lurus adalah jika pendorong agama di dalam hatinya bisa mengalahkan pendorong hawa nafsu, porsi akhirat bisa mengalahkan porsi dunia, mementingkan apa yang ada di sisi Allah daripada apa yang ada di didi manusia, menjadikan niat, perkataan dan amalnya bagi Allah, menjadikan sholat, ibadah, hidup dan matinya bagi Allah, Rabb semesta alam. inilah ysng disebut Ikhlas. (wallahua'lam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar